Citybank Resmi Sebagai Bank Kustodian Pertama Di Indonesia

| Senin, 24 September 2018 | 17.48 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: Ist
Mediaapakabar.com-Citibank N.A., Indonesia (Citibank) secara resmi menjadi bank kustodian pertama di Indonesia yang mengoperasikan layanan Account Operator bagi para pialang lokal.

Dalam siaran pers yang disampaikan pada redaksi mediaapakabar.com, Senin (24/09/2018), sejak 20 Agustus 2018,  dilakukannya penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT. Citigroup Sekuritas Indonesia (CSI) pada pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) 30 Agustus 2017.

CEO Citibank Indonesia Batara Sianturi mengatakan, salah satu daya tarik bagi para investor untuk berinvestasi adalah efisiensi dan tingkat keuntungan dengan risiko yang optimal di pasar modal.

Sebagai bank berskala global beroperasi lebih dari 160 negara dan yurisdiksi, Citibank mempunyai keahlian dan pengalaman di seluruh pasar modal utama di berbagai belahan dunia.

Layanan Account Operator ini menawarkan proses penyelesaian transaksi dan asset servicing yang efisien dan terpercaya, sehingga mendukung pengembangan pasar modal di Indonesia. 

” PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) membuka pasar untuk layanan Account Operator yang mengacu pada peraturan OJK Pasar Modal yang diterbitkan pada 2010 dan direvisi tahun 2012," katanya.

Menurutnya, layanan Account Operator memberikan dukungan kepada para pialang untuk memanfaatkan sepenuhnya layanan yang diberikan kustodian, termasuk diantaranya penyelesaian transaksi dan asset servicing.

Citibank memimpin pasar dalam hal penawaran kepada para pialang lokal untuk memanfaatkan kesempatan melakukan perampingan biaya operasional dan fokus pada kegiatan utama yaitu melakukan riset dan perdagangan surat berharga, serta untuk lebih berkontribusi terhadap pertumbuhan dan pengembangan pasar modal di Indonesia.

Layanan Account Operator memungkinkan para pialang lokal untuk mentransfer biaya operasional tetap menjadi biaya operasional yang variabel dan melakukan penghematan terhadap biaya operasional mereka.

Selain itu, dengan mengalihkan aktivitas penyelesaian transaksi kepada pihak lain melalui layanan Account Operator, para pialang lokal dapat mengalihkan sebagian besar risiko operasional mereka kepada Bank Kustodian yang ditunjuk dan sampai batas tertentu mengurangi dampak dari perubahan infrastruktur / platform di pasar.

Direktur I KPEI Umi Kulsum menyatakan dalam wawancara dengan IDX TV (10 September 2018), berharap layanan Account Operator yang dimiliki Citibank dapat menjadi standar dan contoh bagi Bank Kustodian lainnya di Indonesia.

" Untuk memperluas peran mereka dalam pemrosesan pasca-transaksi dengan mengambil alih aktivitas penyelesaian transaksi dari pialang," tukasnya. (*/Joel)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI