Bupati Prioritaskan Hak Sipil Anak Sergai

| Rabu, 26 September 2018 | 12.37 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman, saat memperingati hari anak nasional yang dilaksanakan di Rahmat Zoo & Park, Desa Bengabing, Kecamatan  Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai,foto-apakabar/willy
Mediaapakabar.com--Program pengurusan akte kelahiran gratis, salah satu kegiatan terhadap anak yang telah dibuat dan dilaksanakan di Kabupaten Serdang Bedagai. 

Saat ini Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perlindungan Anak (P2KBP3A) telah membuat perjanjian kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tentang pemenuhan hak sipil anak wajib belajar 12 tahun. 

Program tersebut dibarengi dengan roadshow kesehatan sampai ke desa, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, desa layak anak serta terbentuknya Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TPA) Kabupaten Sergai.

Hal itu diungkapkan Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman, saat memperingati hari anak nasional yang dilaksanakan di Rahmat Zoo & Park, Desa Bengabing, Kecamatan  Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Selasa 25/092018.  

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati  Sergai, H. Darma Wijaya, Kapolres Sergai, AKBP. H. Juliarman Eka Putra Pasaribu, S. Sos, S.IK, M.Si. Ketua DPRD Sergai, H. Syahlan Siregar, ST. Kepala staf Kodim (Kasdim) 0204/DS, Mayor Inf. Muhsin, S.Ag. para kepala OPD, Camat, para Kepala Desa, dan para pelajar di Kecamatan Pegajahan dan Perbaungan.

Dalam sambutan Bupati Sergai,  mengatakan, anak-anak sejatinya sama dengan orang dewasa. Memiliki hak asasi dan butuh pengakuan serta dihargai. Anak berhak mendapatkan pelayanan pendidikan dan pengajaran bermutu sesuai potensi, minat dan bakatnya. 

Mereka juga berhak atas pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan fisik dan mentalnya,Bebas berpendapat, menerima dan mencari informasi sesuai pertumbuhan yang didasari dengan nilai kesusilaan dan kepatuhan kata Bupati Serdang Bedagai.

Oleh karena itu, ujar Soekirman, "Saya mengajak para orang tua untuk senantiasa memperhatikan hak anak-anak kita. Mari kita membimbing dan mengasuh anak-anak dengan kasih sayang dan penuh tanggung jawab. Tumbuhkan keunggulan anak-anak dengan asah, asih dan asuh agar mereka tumbuh menjadi insan yang cerdas dan kompetitif, berkepribadian luhur, jujur, santun dan berakhlak mulia" pungkas Bupati, Soekirman.(willy)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI