Asian Games Sukses, Pemerintah Keluarkan Total Anggaran Rp 24 T

| Kamis, 06 September 2018 | 17.42 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Menkeu Sri Mulyani. foto: Int
Mediaapakabar.com-Penyelenggaraan Asian Games 2018 telah usai dan berjalan dengan sukses. Sebagai tuan Rumah, Indonesia mengundang decak kagum para tamu negara. Bukan hanya prestasi yang ditoreh para Atlet Tanah Air, tetapi juga penyelenggaraan yang dinilai bagus dan aman.  

Penyelenggaraan pesta olah raga tingkat internasional yang spektakuler tersebut, tidak akan berjalan dengan baik kalau tidak didukung oleh anggaran yang kuat.  

Jika dihitung secara kasar, kebutuhan pendanaan ada banyak macamnya. Mulai dari seremoni pembukaan hingga penutupan, biaya venue, renovasi infrastruktur baik di Jakarta dan Palembang. Dari kesemuanya itu, maka menyisakan berapa anggaran yang dirogoh pemerintah? 

Seperti dikutip dari akun Facebook Sri Mulyani, setidaknya dibutukan total dana sekira Rp24 triliun. Penyelenggaraan event Asian Games tersebut dibiayai oleh APBN 2015-2018, yang dikelola Inasgoc bersama Kemenpora.  

Berikut ini daftar pengeluaran Asian Games 2018.
1. Penyelenggaraan event Asian Games Rp8,2 triliun
Penyelenggaraan event Asian Games dibiayai oleh APBN 2015-2018 sebesar Rp8,2 triliun yang dikelola Inasgoc bersama Kemenpora. Dana tersebut digunakan INASGOC untuk seluruh persiapan, pembukaan, penyelenggaraan, hingga penuntasan penyelenggaraan Asian Games.
2. Penyiapan/pembinaan atlet telah mendanai Rp2,1triliun
Dana tersebut termasuk bonus bagi atlet, pelatih dan official. Pembinaan atlet memang memerlukan waktu panjang untuk latihan di dalam dan luar negeri. Hasil Asian Games 2018 menjadi batu loncatan untuk menuju Olimpiade 2020.
3. Investasi sektor konstruksi sekitar Rp13,7 triliun
Dana tersebut dikeluarkan untuk kota Jakarta dan Palembang. Pembiayaan dari APBN untuk sektor ini juga telah disiapkan sejak 2015 hingga 2018. (***)



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI