USU Raih Peringkat 15 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti

| Minggu, 19 Agustus 2018 | 08.46 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Universitas Sumatera Utara
Mediaapakabar.com - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Negeri Republik Indonesia (Kemenristekdikti) kembali merilis data 100 besar perguruan tinggi (PT) non-vokasi di Indonesia hasil klasterisasi untuk tahun 2018.

Dari 100 besar perguruan tinggi, Universitas Sumatera Utara (USU) saat ini menduduki posisi ke-15.

Melansir Tribun Medan, Rektor USU Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH, M.Hum. mengatakan kalau untuk tahun ini, posisi USU naik empat peringkat dari tahun lalu.

"USU Empat peringkat naik. Tahun lalu peringkat 19, sekarang jadi 15," ujarnya, Sabtu (18/8/2018).
Runtung menjelaskan, bahwa selama tiga tahun terakhir, peringkat USU memang terus naik.

Dia pun mengaku pihaknya merasa senang dengan peningkatan tahun 2018 ini. Pada tahun 2015, kata Runtung, posisi USU masih berada diperingkat 38. Sedangkan pada tahun 2016 naik menjadi peringkat 29, tahun 2017 naik lagi ke peringkat 19, dan di tahun 2018 ini kembali naik empat peringkat dan menduduki posisi 15.

"Perlu juga tahu pada tahun 2015 itu posisi masih 38 itu kan. 2016 jadi 29, 2017 jadi 19, 2018 jadi 15. Makin tinggi jadi agak berat lah. Tetapi terus-menerus meningkatlah. Artinya kita senang dengan peningkatan ini," kata Runtung.

Tak hanya senang, Runtung juga mengaku bangga atas pencapaian USU di tahun 2018 yang mampu meraih posisi 15 dan melampaui banyak perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Tak lupa, Runtung pun turut bersyukur atas pencapaian ini dan juga berterimakasih kepada seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan USU yang memang bekerja luar biasa untuk mencapai visi-misi USU.

"Tentu kita bangga karena Alhamdulillah dalam 2,5 tahun kita bekerja sudah bisa kita menaikan peringkat USU itu sebanyak 23 peringkat naik ke atas melampaui teman-teman yang lain," ungkapnya.

Ke depan, Runtung pun menargetkan agar USU bisa masuk ke dalam sepuluh perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Kalaupun tidak masuk dalam sepuluh besar perguruan terbaik di Indonesia, minimal, kata Runtung, USU bisa menembus klaster pertama perguruan tinggi di Indonesia yakni masuk ke dalam 14 besar perguruan tinggi hasil klaster Kemenristekdikti.

Namun Dia pun optimis bisa mencapai target tersebut melihat banyaknya peningkatan-peningkatan yang ada di USU antara lain jumlah penelitian, seminar internasional, serta banyaknya mahasiswa yang ikut kompetisi nasional dan internasional.

"Melihat tahun ini judul penelitian begitu banyak, seminar internasional juga banyak, kemudian mahasiswa yang berkompetisi juga banyak maka target maksimal kita yang diharapkan, bagaimana USU masuk ke dalam sepuluh perguruan tinggi terbaik di Indonesia," tandasnya.
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI