Satgas PBB Di Lebanon Gelar Upacara HUT RI 73

| Minggu, 19 Agustus 2018 | 17.01 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto:apakabar/Ist
Mediaapakabar.com--Prajurit TNI tergabung dalam Pasukan Garuda UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) misi perdamaian dunia menggelar upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 bertempat di Lapangan Soekarno,Markas Indobatt UNP 7-1 Adchits Alqusayr, Lebanon Selatan, Jumat (17/08/2018) waktu setempat.   

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Kontingen Garuda UNIFIL Kolonel Murbianto dan Komandan Upacara Wadan Satgas Indobatt Konga XXIII-L Mayor Didiet Trilaksono, diikuti ratusan Prajurit TNI dalam berbagai Satgas misi PBB di Lebanon dengan tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa”.  

Dalam amanat tertulis Kasum TNI Laksdya Didit Herdiawan, dibaca Kolonel Murbianto, selama 73 tahun bangsa Indonesia telah mengisi kemerdekaannya, tidak mudah negeri ini untuk melepaskan diri dari berbagai tantangan dan hambatan.  

“ Hingga detik ini kita terus berjuang mengisi kemerdekaan yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa untuk mencapai kemakmuran bangsa, yang terwujud dalam bentuk NKRI berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Ini semua akan terus diwariskan kepada generasi penerus bangsa dan rakyat seutuhnya,” terangnya.  

Pada kesempatan sama, Dansatgas Konga XXIII-L/UNIFIL Letkol Arfan Johan Wihananto. mengatakan,  dalam rangkaian memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018, Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) telah menggelar event besar yang diikuti oleh Kontingen beberapa Negara TCC (Troops Contributing Country) dan masyarakat wilayah Lebanon Selatan, seperti Minifootball Competition 2018 dan Garuda Run 12K.  

Menurut Letkol Arfan Johan Wihananto, berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam memeriahkan HUT RI ke-73 di Lebanon, termasuk acara puncak perayaan ini adalah untuk mendekatkan Pasukan Garuda dengan masyarakat termasuk masyarakat dengan UNIFIL, yang selama ini telah terjalin dengan baik.  

“ Pada peringatan HUT RI ke-73, kami  memperkenalkan  aneka kekayaan seni budaya bangsa Indonesia termasuk menampilkan aneka makanan khas, dan mendapat respon positif dari para pejabat militer maupun sipil dan undangan yang hadir,” ungkapnya.   

Selesai upacara dilanjutkan pemberian hadiah serta piagam dari Dansatgas Konga XXIII-L/UNIFIL Letkol Arfan Johan Wihananto kepada prajurit Indobatt yang berprestasi, dilanjutkan acara hiburan penampilan aksi Drum Band yang dibawakan oleh Pasukan Garuda, serta seni budaya khas Indonesia dengan mengkolaborasikan tari Tek- Tek, Barongan dan Reog.  

Event yang tidak kalah menarik adalah saat mengunjungi stand food festival yang menampilkan aneka macam makanan khas Indonesia dantourism festival yang mempertunjukan keindahan wisata dan budaya  Indonesia. “Great Indonesian... different culture in Indonesian it's so amazing,” kata Captain Ivan Borazik dari Serbia Battalion.  

Turut hadir pada acara diantaranya Dansektor Timur UNIFIL Brigadier General Jose Luis Sanches Martinez, para Pejabat Teras Sektor Timur UNIFIL, para Dansatgas tiap Kontingen dari berbagai negara asing, pejabat pemerintahan dan tokoh masyarakat Lebanon lainnya. (***)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI