Penmil PTRI Hadiri Misi Unifil

Media Apakabar.com
Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30
kali dibaca
foto:apakabar/Ist
Mediaapakabar.com--Penasehat Militer Perwakilan Tetap Republik Indonesia (Penmil PTRI) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat Brigjen TNI Fulad, (Alumni Akademi Militer 1990) menghadiri pertemuan Misi Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) di Markas Besar PBB, New York, Rabu (15/08/2018).   

Pada pertemuan tersebut, Asisten Secretary General DPKO (Department of Peacekeeping Operation) Bintou Keita melaporkan situasi secara umum tentang situasi di Lebanon yang kondusif, namun masih terjadi insiden unfriendly behavior kepada pasukan Unifil di Lebanon Selatan pada 4 Agustus 2018 lalu. Menyebabkan cederanya beberapa pasukan Unifil.   

“ PBB mengecam kejadian tersebut dan berharap Pemerintah Lebanon dapat mengambil tindakan hukum kepada rakyatnya. Keberadaan Unifil di Lebanon dalam rangka menjaga keamanan dan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.  

Bintou Keita menyampaikan Pasukan Penjaga Perdamaian Unifil saat ini berjumlah 10.500 personel berasal dari 41 negara/TCC (Troops Contributing Country). Dimana daerah operasi meliputi sepanjang Sungai Litani dan Blue Line. 

Unifil dan LAF (Lebanese Armed Force) secara rutin melaksanakan patroli gabungan sebagai komitmen dalam mewujudkan situasi Lebanon yang aman. Unifil melaksanakan mandatnya dalam memelihara keamanan dan stabilitas di wilayah  Lebanon Selatan secara komprehensif dan pengaturan koordinasi, sebagaimana mekanisme tripartite meeting yang diikuti oleh kedua belah pihak yaitu Israel dan Lebanon.   

“ Berbagai macam pelayanan telah diberikan oleh Unifil dengan memanfaatkan sumber daya Unifil kepada masyarakat Lebanon Selatan, termasuk pelayanan Rumah Sakit Unifil terbuka bagi masyarakat, demikian juga berbagai proyek workshop dan kunjungan ke desa daerah operasi Unifil,” terangnya.  

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, USG DPKO Jean Pierre Laxroix, UN Military Advisor LetGen Carlos Humberto Loitey, para Penasehat Militer dari berbagai negara yang tergabung pada Misi Unifil – Lebanon. (***)
Share:
Komentar

Berita Terkini