Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno Luar Biasa, Bikin Decak Kagum

| Minggu, 19 Agustus 2018 | 08.30 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Grand opening Asian Games di Stadion Glora Bung Karno (SUGBK)
Mediaapakabar.com - Bangga jadi Indonesia! Ini kalimat yang tepat menggambarkan bagaimana prestisenya pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (18/8/2018) malam WIB.

Acara yang dikemas dengan sangat apik itu resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Setelah sambutan dari Ketua INASGOC, Erick Thohir, dan Presiden OCA, Ahmad Al-Fahad, Presiden Jokowi resmi membuka Asian Games 2018.

“Atas nama Indonesia, kita merasa terhormat dengan tamu istimewa dari 45 negara. Dalam Asian Games 2018, kita bangsa se-Asia ingin menunjukkan kita bersaudara. Kita bersatu, kita ingin meraih prestasi,” ucap Presiden Jokowi.

Setelah memberikan sambutan, Presiden Jokowi pun membuka secara resmi perhelatan Asian Games 2018 yang diikuti oleh 45 negara dan digelar di Jakarta dan Palembang.

“Dengan mengucap Bismillah, Asian Games ke-18 tahun 2018 saya nyatakan dibuka,” ucap Presiden Jokowi dan diikuti tepuk tangan meriah dari seisi SUGBK.

Setelah Presiden Jokowi membuka secara resmi Asian Games 2018, para pembawa bendera Olympic Council of Asia berjalan ke tengah stadion. Para pembawa bendera merupakan mantan atlet Indonesia berprestasi. Mereka di antaranya Sri Indriyani, Chandra Wijaya, Markis Kido, Kusuma Mardani, dan Christian Hadinata.

Opening Ceremony Asian Games 2018 dimulai tepat pukul 19.00 WIB. Terlebih dahulu ditandai dengan meriah penampilan 1.500 penari Tari Saman yang menyanyikan lagu tradisional salah satunya dari Aceh, Bungong Jeumpa.



Menarik dalam parade atlet. Para perwakilan atlet dari 45 negara ‘memperkenalkan diri’ di dalam SUGBK. Ada yang unik saat para kontingen menyapa penonton. Mereka dipimpin oleh pembawa nama negara dengan menggunakan kostum Garuda, lambang negara Indonesia.

Selain itu, saat kontingen Korea memasuki SUGBK, para atlet mengibarkan bendera unifikasi. Bendera ini melambangkan persatuan Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut). Ya, dalam parade atlet di Opening Ceremony, kedua negara menggunakan satu nama Korea.

Penonton di SUGBK pun langsung bersorak gembira mendukung persatuan kedua negara. Perwakilan pejabat dari kedua negara pun terlihat bergandengan tangan memperlihatkan kekompakan mereka.

Selain dari Korea, saat kontingen Palestina memasuki stadion, penonton langsung bersorak gembira. Dukungan Indonesia untuk Palestina memang tak pernah luntur.

Pemandangan menarik juga terihat saat Presiden Jokowi bergoyang saat Via Vallen menyanyikan lagu Meraih Bintang, theme song Asian Games seperti yang dilansir Pojoksumut.com.

Via Vallen tampil dengan setelan jas berwarna putih beraksen bunga-bunga. Dengan enerjik Via menularkan semangat bertanding pada atlet dan seluruh penonton yang menyaksikan upacara pembukaan Asian Games 2018.

Tampil dengan tatanan rambut ikal dikuncir kuda, Via Vallen juga sukses membakar semangat atlet dari 45 negara yang hadir di pembukaan Asian Games 2018. Terutama, atlet tanah air yang terlihat ikut bergoyang di depan panggung.

Sebagaimana diketahui, Opening Ceremony akan dimeriahkan dengan penampilan 18 artis papan atas, seperti Joey Alexander, Anggun C Sasmi, Raisa, Ariel, Tulus, Kamasean, Fatin, GAC, Putri Ayu, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Sheryl Sheinafia, Rossa, Wizzy, Rinni Wulandari, Edo Kondologit, Maruli Tampubolon, dan Via Vallen.

Selain para penyanyi, upacara pembukaan melibatkan 3.600 penari dan performer di bawah arahan koreografer top Indonesia, Denny Malik dan Eko Supriyanto. Nantinya diiringi oleh ribuan musisi arahan Addie MS dan Ronald Steven.
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI