Partainya Pilih Prabowo, Asman Abnur Mundur dari Menpan RB dan Digantikan Komjen Syafruddin

| Rabu, 15 Agustus 2018 | 09.59 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Komjen Syafruddin dan Asman Abnur. Foto: Ist
Mediaapakabar.com Presiden Joko Widodo menunjuk Wakapolri Komjen Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi dan Birokrasi.


Ia menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri.
Pengunduran Asman Abnur ini terkait Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendukung Prabowo-Sandiaga Uno. 
Pelantikan Syafruddin sebagai Menpan-RB rencananya akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (15/8/2018) besok.
Ketua DPR Bambang Soesatyo mengaku sudah mendapatkan undangan untuk hadir di pelantikan Syafruddin.
"Saya baru mendapat kabar dari kantor besok pagi pukul 10.00 WIB ada undangan pelantikan," kata Bambang melansir Kompas.com, Selasa (14/8/2018) malam.
Bambang mengatakan, ia akan hadir dalam pelantikan tersebut. Sebab, ia dan Syafruddin selama ini memiliki hubungan yang baik.
"Insya Allah hadir," katanya.
Adapun, Asman Abnur mengundurkan diri dari kabinet kerja karena partainya, PAN, memilih mengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Pilpres 2019.
Asman mengaku tidak mau menjadi beban bagi Jokowi dan pemerintah. Walaupun Presiden Joko Widodo tidak memintanya mengundurkan diri atau ressufle kabinet.
Puji Kinerja Asman
Sekretariat Kabinet Pramono Anung memuji kinerja Asman Abnur selama dua tahun menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
"Kalau mau jujur, Pak Asman sebenarnya berprestasi sebagai menteri PAN-RB itu cukup baik. Kita berkomunikasi dengan beliau cukup baik," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/8/2018).
Kendati demikian, lanjut dia, Asman Abnur tetap harus keluar dari kabinet. Sebab, Partai Amanat Nasional (PAN) sudah memilih mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.
"Karena bagaimanapun tidak elok kalau kemudian beliau ada di dalam pemerintahan. Dan Pak Asman sendiri dengan berbesar hati tentunya beliau akan memenuhi itu," kata Pramono.
Pramono mengucapkan terima kasih atas kontribusi Asman selama dua tahun terakhir membantu pemerintah.
"Tetapi karena perbedaan pilihan politik menjadi berbeda. Dan kita bertemu, bergabung baik-baik, selesai baik-baik," ucapnya.
Sebelum mundur, Asman Abnur menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk membicarakan mengenai pengunduran dirinya tersebut dari kabinet.
Asman mengaku tidak mau menjadi beban bagi Jokowi.
"Tentu saya harus berpikir jangan sampai saya jadi beban pemerintah, beban Pak Presiden. Kalau diperkenankan, saya mohon kalau bisa diizinkan untuk mundur," kata Asman.
Asman Abnur ditunjuk sebagai Menpan-RB pada reshuffle kabinet jilid II, Juli 2016 lalu.
Ia menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh politisi Hanura Yuddy Chrisnandi.
Saat itu, PAN yang pada 2014 mendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, menyatakan bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. (AS)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI