Panglima TNI-Kapolri Dan Rombongan Berkunjung Ke Pengungsian Warga

Media Apakabar.com
Sabtu, 25 Agustus 2018 - 15:46
kali dibaca
foto:apakabar/Ist
Mediaapakabar.com--Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.  didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei meninjau langsung lokasi pengungsian di Desa Jeringo, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Jumat (24/8/2018).  

Desa Jeringo merupakan salah satu desa yang mengalami kerusakan cukup parah dihantam gempa bumi sekitar 93 persen bangunan di desa itu hancur. Walau tidak ada korban jiwa, namun diperkirakan 2.800 orang harus mengungsi karena rumahnya rusak. 

Di lokasi pengungsian, Panglima TNI dan Kapolri berkeliling melihat secara langsung kondisi rumah  penduduk yang rusak dan menemui para pengungsi di tenda darurat.  

Panglima TNI berjanji akan melakukan beberapa langkah cepat untuk membantu masyarakat yang menjadi korban gempa bumi. Langkah pertama yang akan dilakukan oleh TNI-Polri bersama komponen lainnya adalah membersihkan puing bangunan yang roboh menggunakan alat berat.  

“ Saya mentargetkan pembersihan puing akan rampung satu pekan ke depan dan setelah itu kami juga akan mendata serta memverifikasi jumlah rumah yang perlu rehabilitasi,” ujarnya.  

Langkah kedua memberikan bantuan tenda darurat, karena sebentar lagi akan turun hujan.  “Saat ini kita sedang mencari lokasi yang aman untuk dijadikan lokasi pengungsian sementara, sehingga masyarakat akan aman bila hujan turun,” kata Panglima TNI.   

Pada kesempatan sama, Kapolri menyampaikan, TNI dan Polri telah memberikan bantuan di Desa Jeringo.  Saat ini TNI-Polri akan fokus pada upaya rekonstruksi rumah yang rusak berat, untuk bantuan makanan dan obat-obatan saat ini sudah cukup.  

“ Tanggung jawab selanjutnya adalah rekonstruksi rumah penduduk yang rusak akibat dampak gempa bumi,” ucapnya.   

Turut serta dalam kunjungan tersebut, diantaranya Asops Panglima TNI Mayjen Lodewyk Pusung, Aslog Panglima TNI Laksda Bambang Nariyono, Aslog Kapolri Irjen Pol Asep Suhendar.  

Kapuspen TNI Mayjen M. Sabrar Fadhilah, Kapuskes TNI Mayjen Ben Yura Rimba, MARS, Pati Sahli Tk. III Bid. Komsos Panglima TNI Mayjen Madsuni, Komandan Korps Brimob Irjen Pol Rudi Sufahriadi dan Waaster Panglima TNI Brigjen Purnomo.  (***)
Share:
Komentar

Berita Terkini