Kunci Keberhasilan TNI-Polri Hadapi Pemilu 2019 Jaga Netralitas

| Minggu, 26 Agustus 2018 | 09.33 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto:apakabar/Ist
Mediaapakabar.com--Menghadapi Pemilu 2019, netralitas TNI-Polri merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan, khususnya di bidang pengamanan. Untuk itu, Prajurit TNI dan Polri harus mampu menunjukkan komitmen dalam membangun dan mewujudkan sinergitas TNI-Polri agar  keamanan dan keutuhan NKRI dapat terjaga.  

Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memberikan pembekalan dengan materi “Sinergi TNI-Polri Dalam Menjamin Keamanan Pemilu 2019” di hadapan 1.137 Perwira Siswa Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI,  

Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri, Sesko Angkatan dan Sekolah Pimpinan Menengah (Sespimmen) Sesko TNI pada Program Kegiatan Bersama Kejuangan 2018, di  Excecutive Grand Ballroom Soedirman Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (25/082018).  

foto:apakabar/Ist
Panglima TNI mengatakan selama pelaksanaan Pemilu 2019, TNI-Polri harus mewujudkan terpeliharanya Kamtibmasmencegah terjadinya anarki, kerusuhan sosial baik secara vertikal maupun horizontal dan mencegah kerawanan lanjutan yang berpotensi mengancam eksistensi negara.  

“ Mari bersama-sama kita bangun etos kerja sesuai bidang keahlian kita sehingga institusi TNI-Polri makin profesional dan dengan dilandasi jiwa ksatria serta loyalitas tegak lurus, kita Dharma Bakti kan pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujarnya.  

Selanjutnya Panglima TNI menyampaikan selain mendampingi anggota Kepolisian di TPS dalam pengamanan Pemilu 2019 meliputi 34 Provinsi, 416 Kabupaten,  98 Kota, 6.793 Kecamatan dan 79.075 Kelurahan/Desa, TNI juga membantu mendistribusikan surat suara ke wilayah terpencil dan sulit dijangkau.   

“ TNI juga akan menggelar 51 operasiterdiri dari 4 OMP dan 47 OMSP seluruh wilayah Indonesia. Semua itu untuk menangkal dan mencegah pihak asing yang akan menggagalkan pelaksanaan Pemilu, Sedangkan OMSP untuk melaksanakan berbagai tugas TNI diantaranya operasi pengamanan dan pengawasan keamanan maritimperbatasan serta pengamanan VVIP,” tambahnya.  

Turut serta memberikan pembekalan yaitu Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.dengan materi “Sinergi TNI-Polri Menjamin Tahapan Pemilu 2019 Aman” dan  Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo tentang “Implementasi Sinergitas dan Soliditas TNI-Polri Guna Mengamankan Tahapan Pemilu 2019 Dalam Rangka Pembangunan Nasional”.  

Hadir pada kesempatan tersebut, diantaranya Dansesko TNI Letjen RM. Trusono, Aspers Panglima  Marsda TNI Dedy Permadi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.  

Danseskoad Mayjen TNI Kurnia Dewantara, Danseskoal Laksda TNI, Danseskoau Marsda TNI Donny Ermawan Kapuspen TNI Mayjen M. Sabrar Fadhilah dan Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang.  (***)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI