Ini Makna Cucu Kedua Jokowi Diberi Nama Sedhah Mirah dalam Sastra Jawa

| Sabtu, 04 Agustus 2018 | 06.30 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution mengumumkan nama putrinya di RS YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018).  Foto: Tribunnews
Mediaapakabar.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja memiliki cucu kedua dari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Kini, Jokowi mempunyai cucu yang lengkap, laki-laki dan perempuan.

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution resmi menjadi orang tua dari bayi mungil perempuannya. Namanya, Sedah Mirah Nasution.

Lalu, apa arti nama cucu kedua Jokowi?

Melansir JawaPos.com, Ahli Sastra Jawa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), Darmoko, menjelaskan nama putri Kahiyang dan Bobby memiliki makna atau arti yang bagus. Perpaduan nama Jawa dan Batak itu dinilai harmonis dan serasi.

“Untuk kata Nasution mengikuti kata di depannya yakni Sedah Mirah sebagai ‘milik’ dan penanda dari keluarga (Batak) sebagai garis laki-laki atau patrineal,” katanya, Jumat (3/8).



Makna Sedhah

Arti nama cucu kedua jokowi jika dilihat dari kata Sedhah, dapat berarti suruh (sirih) dalam upacara adat Jawa (perkawinan) dipergunakan sebagai sarana balangan gantal (lempar sirih). Lalu sebagai ekspresi simbolik dari sebuah penghormatan.

Karena kata Sedhah dapat menjadi kata Sedhahan artinya undangan atau panggilan untuk hadir pada suatu acara tertentu. Makna di balik kata Sedhah sebagai kehormatan dan sekaligus penghormatan bagi pribadi, keluarga, dan masyarakat.

“Sedah dapat dimaknai sebagai anak perempuan yang terpanggil dan lahir melalui doa (undang) kedua orang tua dan dikabulkan oleh Allah SWT,” paparnya.

Makna Mirah

Sedangkan arti nama cucu kedua jokowi dari kata Mirah berarti permata (intan) berwarna merah. Sedah Mirah bermakna wanita bak intan permata dari kedua orang tua dan kedua keluarga besar yang diharapkan betul-betul memiliki warna merah (menyala, bersinar dan bercahaya) gemilang di masa depan.

Makna Sedah Mirah

Jika digabung, arti nama Sedah Mirah dalam konteks anak Kahiyang dan Bobby, adalah sebagai karunia yang dikabulkan oleh Allah SWT dengan harapan kelak menjadi Mirah (bak intan permata yang bercahaya terang). Sehingga memberikan berkah kejayaan bagi kedua keluarga.

“Makna nama tersebut sangat bagus,” tutup Darmoko.
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI