Helikopter Dauphin HR-3601 Onboard Di KRI Usman Harun

Media Apakabar.com
Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:40
kali dibaca
foto:
Mediaapakabar.com--Helikopter TNI Dauphin HR-3601 berhasil onboard pertama kali di geladak KRI Usman Harun-359 dalam Satuan Tugas (SatgasMaritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) saat manuver di perairan Laut Mediterania. 

Demikian disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen M Sabrar Fadhilah saat berada di Mako Kodam I/Bukit Barisan pada Senin (20/08/2018).  

Kapuspen TNI Mayjen M Sabrar Fadhilah mengatakan Helikopter TNI Dauphin HR-3601 diterbangkan menuju geladak heli dan berhasil onboard di KRI Usman Harun-359 pada pukul 11.30 waktu setempat dengan aman dan lancar.  

Pada kesempatan tersebut Mayjen M Sabrar Fadhilah menyampaikan pula selama penugasan ke depan keberadaan helikopter TNI Dauphin HR-3601 mendukung tugas Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL dengan Komandan Satgas Kolonel Alan Dahlan. sehari-harinya menjabat sebagai Komandan KRI Usman Harun-359 bertugas dalam misi perdamaian PBB sejak bulan Juli  2017.  

Selanjutnya Mayjen M Sabrar Fadhilah menuturkan bahwa helikopter TNI Dauphin HR-3601 diterbangkan oleh pilot Kapten Muhammad Al-Amin dan Kopilot Kapten Ario Letto Hidayatullah.  

Kapuspen TNI juga mengatakan baru untuk pertama kali TNI melibatkan helikopter jenis Dauphin  AS-365 dengan nomor registrasi pesawat HR-3601 diangkut pesawat cargo Antonov-124 Volga Depnr diterbangkan secara langsung dari Surabaya menuju Beirut Lebanon dalam rangka tugas misi perdamaian PBB. 

“ Helikopter jenis Dauphin AS-365 untuk memperkuat tugas dalam misi perdamaian PBB di Lebanon," ujar Kapuspen TNI.  

Lebih lanjut Mayjen M Sabrar Fadhilah menambahkan selama bergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL, helikopter jenis  Dauphin  AS-365 HR-3601 akan diawaki 9 crew pesawat  terdiri dari 4 pilot dan copilot serta 5 teknisi pesawat yang bertugas mengoperasikan dan melaksanakan pemeliharaan dan perawatan.   

9 personel crew heli yang akan tergabung dalam Satuan Tugas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL sebagai pilot dan copilot Kapten Al-Amin, Kapten Aryo Letto Hidayatullah, Kapten Angga Prasetio, Lettu Yahya Khoibaron Akhwa, 

Sedangkan untuk teknisi terdiri dari Letda Joko Prasetyo W, Serka Mpu Sujono, Sertu MPU Andri Hadi P, Sertu Lpu  Lugianto dan Serda Lpu Puguh Ashari. (***)
Share:
Komentar

Berita Terkini