Generasi Muda Harus Miliki Karakter Nilai Pancasila

| Rabu, 08 Agustus 2018 | 21.44 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto:apakabar/Ist
Mediaapakabar.com--Pesatnya perkembangan zaman dan bergantinya generasi dari tahun ke tahun berimplikasi terhadap tantangan bangsa Indonesia ke depan. 

Menjawab tantangan tersebut generasi muda penerus bangsa perlu memiliki karakter yang kuat sebagaimana terkandung dalam nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.   

Demikian amanat tertulis Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen Kustanto Widiatmoko, dibacakan Paban III/Tahwil Ster TNI Kolonel Harfuddin Daing, pada pembukaan Wawasan Kebangsaan Terpusat 2018 di Gedung Serbaguna Suharnoko Harbani, Mabes TNI AU Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (08/08/2018).   

Menurut Aster Panglima TNIke depan ancaman telah memasuki sendi kehidupan bangsa dan negara. “Ancaman tersebut masuk melalui proxy war sasarannya menghancurkan generasi muda bangsa Indonesia (lost generation) yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bangsa dan integritas NKRI,” jelasnya.   

Selain dituntut trampil, cerdas dan kompetitif generasi muda Indonesia harus memiliki mental ideologi kuat, berakhlak mulia, berjiwa nasionalisme dan patriotisme, cinta tanah air, berwawasan kebangsaan serta mewarisi semangat keteladanan nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. 
  
Aster Panglima TNI Mayjen Kustanto Widiatmoko juga mengingatkan, generasi muda harus selalu waspada terhadap masuknya segala bentuk ancaman nyata kelangsungan hidup bangsa dan negara.   

“Saya mengajak kepada seluruh peserta kegiatan Wawasan Kebangsaan Terpusat 2018 dan hadirin sekalian, untuk terus  berjuang dan berkarya menjadi Pancasilais sejati yang bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat, bangsa dan negera,” imbuhnya.   

Kegiatan Wawasan Kebangsaan terpusat diselenggarakan Staf Teritorial TNI dilaksanakan satu hari diisi dengan kegiatan ceremah, diskusi dan tanya jawab, diikuti sekitar 1000 pemuda, pemudi, pelajar dan mahasiswa di Jakarta.   

Selain pemapar materi dari pejabat TNI juga diisi oleh pemapar instansi lain, diantaranya Direktur Utama PT. Balai Pustaka (Persero) Achmad Fachrodji tentang peran Balai Pustaka dalam menanamkan nilai Wawasan Kebangsaan kepada generasi muda melalui buku atau konten lain.   

“Kami mempunyai mandat menerbitkan kembali buku berkonten wawasan kebangsaan, agar seluruh siswa didik dari Paud, SD, SMP, SMA dan mahasiswa bisa mengetahui tentang bagaimana mereka bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.   

Dirut Balai Pustaka mengapresiasi kegiatan Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan  TNI dan berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh TNI, namun juga instansi lain agar generasi muda bisa tahu tentang hebatnya bangsa Indonesia dan bagaimana dipertahankannya.  

“ Menularkan cinta tanah air kepada generasi muda bagian dari strategi Bela Negara, saya menyambut positif kegiatan seperti ini dan kalau bisa ditempat lain juga dapat dilaksanakan,” pungkasnya. (***)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI