Di Lapas Kabanjahe Upacara HUT RI Bernuansa Budaya

| Jumat, 17 Agustus 2018 | 15.21 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto:apakabar/rianto g
Mediaapakabar.com--Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) Ke 73 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Rutan Klas IIB Kabanjahe, hikmat bernuansa budaya, Jumat (17/8/2018).  

"Sesuai Intruksi dari Menhumkam RI,  upacara dalam rangka peringatan HUT RI Ke 73 digelar secara bernuansa budaya, guna  menunjukkan budaya sebagai kearifan lokal," ujar Theo Adrianus Purba, Kepala Lapas Kabanjahe Karo.  

Theo Purba, saat membaca sambutan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menyampaikan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus pada tahun 1945  merupakan puncak pergerakan perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan.   

Pemerintah memberikan apresiasi terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah mengikuti pembinaan dengan baik melalui remisi. Remisi merupakan hak mendapatkan pengurangan masa menjalani yang telah diatur secara legal formal dalam pasal 14 ayat (1) undang undang nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan    

" Dari 464 warga tahannan, 94 mendapatkan Resmi dan 9 mendapat remisi secara bebas hari ini dari 94 orang itu," kata Ka Rutan Kabanjahe kepada sejumlah wartawan di ruang kerja.  

Disamping itu, tambahnya, 11 pegawai Rutan Klas IIB Kabanjahe yang masa kerjanya sudah mencapai 10 dan 30 tahun mendapat pengarahan dari Presiden Republik Indonesia   

Pantauan mediaapakabar.com, kegiatan upacara bendera memperingati HUT RI Ke 73, diikuti para Napi dan seluruh pegawai Rutan dengan mengenakan atribut(pakaian adat karo). 

" Kebudayaan Karo seperti Beka Buluh dan Uis Nipes, yang menggambarkan di negara NKRI ini banyak suku,budaya dan bahasa tetapi kita tetap bersatu," ujar Theo Purba. (rianto g)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI