Cegah Kutipan Berlapis, Disbudpar Karo Bangun Pos Baru

| Senin, 27 Agustus 2018 | 13.57 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: apakabar/rianto g
Mediaapakabar.com--Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Karo membangun pos baru untuk pengutipan retribusi objek wisata puncak Gundaling Berastagi, Senin (27/08/2018).    

Demikian Kepala Dinas Pariwisata Karo, Mulia Barus, pada mediaapakabar.com saat dikonfirmasi.  

" Pos ini dibangun supaya tidak ada lagi kesan pengutipan berlapis memasuki objek wisata Bukit Gundaling. Dimana selama ini kerap dikeluhkan para wisatawan khususnya masyarakat tentang pengutipan," katanya.  

Makanya, sambungnya, kita bangun pos supaya semuanya satu pintu, baik kebersihan, parkir maupun retribusi masuk. Jadi tamu hotel juga tidak kebingungan saat memasuki wilayah ini. Karena ada tudingan kalau tamu hotel juga dikutip walaupun tidak memasuki objek wisata.  

" Jadi mengantisipasi itulah kita rencana seperti ini," Kata Mulia.   

Dengan pembuatan gapura identitas "Selamat Datang di Bukit Gundaling"  ini dan  pos retribusi, para wisatawan  ke Bukit Gundaling yang dikenakan retribusi masuk dan di pos ini juga petugas parkir mengutip retribusi parkir sehingga di bukit gundaling tinggal pengaturan parkir.  

Adapun Pos retribusi yang dibangun itu, tepat di samping gerbang hotel Berastagi Cottage atau persimpangan jalur masuk objek wisata dan jalur keluar dari Bukit Gundaling   

Disinggung tentang  sumber dana, dari DAK Kementrian Pariwisata. " Setelah siap nanti langsung difungsikan, " ujarnya.   

Disamping itu, lanjut Kadis Pariwisata, masyarakat juga dihimbau supaya tetap peduli dengan slogan sadar wisata, melalui sapta pesona. Sehingga " Joyful Tanah Karo " yang merupakan branding parawisata karo benar-benar dirasakan wisatawan.   

Ditempat terpisah, seorang pelaku wisata sebagian pedagang jagung di puncak Gundaling M br Surbakti, bersama Bahagia Surbakti, rencana tersebut sangat diapresiasi, menurutnya,  para wisatawan kerap mengeluh terkait pengutipan berlapis saat memasuki objek wisata Bukit Gundaling.   
"Saya pribadi sangat mendukung tentang pembangunan pos satu pintu  oleh Dinas Pariwisata,  karena disamping menghilangkan pengutipan berlapis, pos yang lama itu seharusnya sudah perlu 
dipindahkan karena menimbulkan kemacetan, apalagi hari libur,macatnya bisa sampai ke tugu perjuangan," tutur Boru Surbakti. 

Sementara manager Hotel Sinabung Brastagi P Pasaribu sangat mendukung atas pembangunan pos retribusi yang baru itu. 

" Kalau saya pribadi sangat mendukung apa yang dilakukan pihak pariwisata tersebut. Selain mengurangi kemacetan dan masuk ke hotel pun tidak dikutip retribusi lagi kepada tamu kita. Jadi kita pun harus mendukung kinerja Pemkab Karo ini khususnya Dinas Pariwisatalah," ucap Pasaribu . (rianto g)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI