Buang Sembarang Puntung Rokok, Lahan Kosong Gundaling Ludes

| Kamis, 30 Agustus 2018 | 23.38 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: apakabar/sbti
Mediaapakabar.com-Musim kemarau panjang yang terjadi di Kabupaten Karo mengakibatkan lahan kosong di Bukit Gundaling ludes dilalap api berasal dari puntung rokok pada Kamis (30/08/2018).

Berbagai informasi dihimpun, Gia Surbakti warga Desa Gongsol Kecamatan Merdeka kebetulan sopir angkutan ke Gundaling mengatakan, lahan ini sepertinya sengaja di bakar. Karena tadi pagi ia  lewat, api belum ada .  

" Tapi sekitar pukul 15.30 wib lahan ini sudah hampir habis 30x50 m persegi.  Jadi saya sebagai penduduk Desa Gongsol ini janganlah kita sembarangan membuang puntung rokok apalagi musim kemarau dan ditambah angin kencang di puncak ini otomatis gampang kali terbakar," ucap Gia Surbakti 

Tanpa menunggu waktu lama Mobil Damkar Pemkab Karo langsung ke Tkp dan memadamkan api tersebut. Setengah jam kemudian Damkar berhasil memadamkan api.  

Kapolsek Simpang Empat AKP Nazrides Syarif dan Danramil Simpang Empat Kapten Julester Surbakti didampingi Camat Merdeka Terang Ukur Br Surbakti dibantu pegawai Damkar menggatakan kebakaran tersebut diduga dari percikan puntung rokok.  

" Jadi saya minta kepada tamu wisata atau warga yang ada di puncak Gundaling ini, jangan sembarangan membuang puntung rokok. Apalagi membakar sampah," terang mereka.

Dikatakan, kerugian dalam kebakaran tersebut tidak ada karena yang terbakar lahan kosong. 

" Iya kan, " ucap Camat Merdeka.  (sbti)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI