Bakamla Buat MoU Dengan BP Batam

| Rabu, 29 Agustus 2018 | 23.36 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: apakabar/Ist
Mediaapakabar.com- Bakamla RI resmi menandatangani Nota Kesepahaman dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam atau yang biasa disebut dengan BP. Batam.   

Dalam rangka Penyelenggaraan Koordinasi Tugas dan Fungsi Kelembagaan, kerja sama ini dikukuhkan di Geladak KN. Belut Laut 4806, di Pangkalan Armada Kamla Batam, Jl. Jembatan II Barelang, Pulau Setokok, Batam pada Rabu (29/08/2018).

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan antara Kepala Bakamla RI Laksdya TNI (Purn.) Ari Soedewo dan Kepala BP. Batam Lukita Dinarsyah Tuwo. Lokasi penandatanganan sengaja ditempatkan di salah satu kapal Bakamla RI dengan ukuran 48 meter di Batam.

Terdapat empat poin yang ditekankan dalam ruang lingkup kerjasama, antara lain: pertukaran informasi, pemanfaatan sarana dan prasarana, peningkatan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pelaksanaan pengamanan di laut.

Hal ini dilakukan selain mempererat hubungan kerjasama antar kedua instansi, juga memperjelas posisi tugas dan fungsi kedua lembaga. Sehingga masing-masing lembaga dapat melakukan tugasnya dengan baik, terkait dengan aspek keamanan dan keselamatan laut.

" Diharapkan dari disepakatinya kerjasama ini, dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan keamanan di wilayah Perairan Batam pada khususnya, maupun wilayah perairan yurisdiksi nasional Indonesia pada umumnya", ungkap Kepala Bakamla RI memberikan sambutan.  

BP. Batam turut mendukung tekad Bakamla RI dalam menjalankan peran menjaga keamanan laut nasional dan internasional.   

" Posisi strategis Batam dalam zona laut internasional membuat kami menyadari pentingnya peningkatan kerja sama antar kedua lembaga untuk dapat menghadapi berbagai tantangan bersama", imbuh Kepala BP. Batam. 

Lebih lanjut, Kepala BP. Batam berharap kerja sama ini dapat memberi kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Karena tidak dipungkiri jika kondisi keamanan dan keselamatan laut tekendali, kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

Kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman dilanjutkan dengan Pengukuhan Kepala BP. Batam sebagai Warga Kehormatan Bakamla RI. Di Geladak KN. Belut Laut 4806, aksi penyematan Baret Hitam oleh Kepala Bakamla RI kepada Kepala BP. Batam berlangsung dengan khidmat.

Baret Hitam sebagai simbol penegakan keamanan dan keselamatan laut, diberikan kepada Kepala BP. Batam atas jasanya untuk penguatan Bakamla RI dalam melaksanakan tugas utamanya, yaitu melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Kegiatan ini turut disaksikan oleh jajaran Pejabat Bakamla RI, antara lain Deputi Inhuker Irjen Pol  Abdul Gofur, Kepala Unit Penindakan Hukum Brigjen Pol Frederik Kalalembang, Direktur Operasi Laut Laksma Rahmat Eko Rahardjo, Kepala Biro Umum Brigjen Sandy M. Latief, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Eko Purwanto.   

Direktur Kerja Sama Dade Ruskandar, Kabag TU dan Rumga Kolonel Atam, Komandan KN. Tanjung Datu 1101 Capt. Nyoto Saptono, Komandan KN. 4801 Mayor Hendra Kurniawan, Komandan KN. 4806 Kompol Heni Mulyono, Kabag Umum Zona Maritim Barat Kombes Pol Edwan Saiful, Plt. Kabid Ops Zona Maritim Barat Mayor David Hastiadi, Kepala Pangkalan Armada Zona Maritim Barat Letkol Ardi Sunaryo, Kasi Kerja Sama Lembaga Pemerintah Akhmad Firdaus dan Kasubbag Protokol Leonardi Hillman.    

Selain itu, jajaran Pejabat BP. Batam dan stakeholder juga turut hadir, antara lain Direktur RSBP Batam Sigit Riyanto, Direktur PAM Brigjen Pol Suherman, Ketua DPRD Batam Nur Yanto, Danrem 033/WP Brigadir Jenderal Gabriel Lema, Komandan Lantamal lV Laksma R Eko Suyatno dan perwakilan stakeholder lainnya. (***)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI