Tanggapan Wali Kota Medan Terkait Banyaknya Pohon Tumbang Saat Hujan Deras dan Angin Kencang

| Sabtu, 07 Juli 2018 | 09.20 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Wali Kota Medan Djulmi Eldin. Foto: Tribun Medan
Mediaapakabar.com -  Kota Medan dilanda cuaca buruk, dimana terjadi hujan deras disertai angin kencang dan kilat/petir hingga mengakibatkan puluhan pohon tumbang menimpa kendaraan yang kebetulan melintas di jalan.

Selain itu, terjadi juga angin puting beliung hingga menghantam belasan rumah dan mengalami kerusakan.

Menyikapi cuaca buruk tersebut, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengaku telah melakukan beberapa hal sebagai tindak lanjut dari bencana alam tersebut.

“Terkait pohon tumbang, kita sudah berusaha dan berupaya menjaga serta merawat pohon-pohon tersebut. Namun memang, anginnya cukup kencang. Akan tetapi, petugas kita langsung bergerak cepat melakukan evakuasi,” ujar Eldin seperti yang dikutip Pojoksumut.com, Jumat (6/7/2018).

Ia menyatakan, tanggung jawab pohon tumbang berada di dinas terkait. “Pengelolaannya di bawah naungan Dinas Kebersihan dan Pertamanan,” ucapnya.

Eldin mengaku langsung memerintahkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait segera turun tangan untuk mengatasinya. Selain Dinas Kebersihan dan Pertamanan, juga diturunkan BPBD Kota Medan untuk membantu mengevakuasi warga dari mobil maupun membersihkan jalan dari batang pohon  yang tumbang dan melintang jalan.

“Begitu mendapat laporan, saya langsung menginstruksikan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta BPBD Kota Medan untuk turun mengatasinya. Selain melakukan evakuasi, saya juga minta dilakukan pendataan. Di samping itu saya minta agar pohon tumbang secepatnya diatasi agar tidak menimbulkan kemacetan cukup parah,” akunya.

Menurut Eldin, masalah pohon tumbang dan angin puting beliung merupakan force majeure. Selama ini melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan telah dilakukan upaya pencegahan pohon tumbang dengan melakukan pemangkasan dan perawatan terhadap pohon-pohon besar dan tua.

“Cuaca kemarin malam cukup buruk, selain hujan deras, juga disertai angin kencang sehingga menumbangkan sejumlah pohon. Kita sangat priharin dengan musibah ini, makanya saya minta OPD terkait segera menanganinya,” pungkasnya. 
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI