Japan Coast Guard Makin Pererat Hubungan Kerjasama Dengan Bakamla RI

Media Apakabar.com
Kamis, 12 Juli 2018 - 23:47
kali dibaca
seminar tentang Mobile Corporation Team yang digelar oleh JCG di Hotel Sari Pacific,foto:apakabar/rel
Mediaapakabar.com--Japan Coast Guard (JCG) makin pererat hubungan kerjasama operasi dan latihan bidang keselamatan dan keamanan maritim dengan Bakamla RI.

Hal itu diwujudkan dalam sebuah seminar tentang Mobile Corporation Team yang digelar oleh JCG di Hotel Sari Pacific, Jl. M.H. Thamrin No.6, Jakarta Pusat, Kamis (12/07/2018). 

Seminar MCT dihadiri Kepala Biro Umum Bakamla RI Brigjen TNI Marinir Sandy M. Latief, Penasehat Khusus Kemanan Maritim Perdana Menteri Jepang Kentaro Sonoura, Director WTL Affairs Division Capt. Hayafune, Head of The Secretariat JCG Kuriya Yoshinori, para Perwira Bakamla RI, Pol Air, Basarnas, dan KPLP.

Terkait dengan keamanan maritim Karoum menyampaikan dalam sambutannya mengatakan selazimnya seluruh instansi keamanan maritim di berbagai negara harus memiliki kapasitas dan kapabilitas terkait kewajiban dasar tentang keselamatan dan keamanan laut, seperti penegakan hukum serta SAR di laut.

Jepang merupakan negara yang telah membentuk instansi keamanan dan keselamatan laut tunggal sejak tahun 1948, yang dikenal dengan nama Japan Coast Guard.  Pengetahuan dan pengalaman yang cukup lama itu dapat dipelajari dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk menghadapi isu-isu keamanan laut.

Seminar oleh MCT merupakan sebuah peluang yang baik bagi seluruh instansi keamanan laut di Indonesia guna mengetahui dan memahami tentang program-program MCT yang ditawarkan oleh Japan Coast Guard  kepada Indonesia dan negara-negara di kawasan.

Selain itu melalui seminar ini diharapkan dapat meningkatkan komunikasi dengan Japan Coast Guard sehingga dapat meningkatkan hubungan dan jejaring antara kedua negara.
Sementara itu Penasehat Khusus Kemanan Maritim Perdana Menteri Jepang Kentaro Sonoura, menyinggung beberapa hal tentang kerjasama keselamatan dan keamanan maritim dengan Indonesia telah berlangsung selam kurang lebih 45 tahun.

Menurut Kentaro Sonoura kemanan maritim tidak dapat dilakukan oleh satu negara sendiri saja, melainkan butuh kerjasama dengan negara-negara di kawasan maritim lainnya.

Terbentuknnya hubungan dan kerjasama yang baik antara Jepang dan Indonesia serta negara-negara lainnya diharapkan menghasilkan kesetabilan dan kemakmuran dibidang maritim.
Seminar dipaparkan oleh Tim MCT Head Quator JCG Major Kurata, yang menyampaikan tujuan dibentuknya MCT khusus oleh JCG guna mempercepat hubungan kerjasama bidang keselamatan dan keamanan maritim dengan negara-negara lain.(***)
Share:
Komentar

Berita Terkini