Bakamla RI Gelar Latihan Boarding Party

Media Apakabar.com
Jumat, 20 Juli 2018 - 18:22
kali dibaca
foto: Ist
Mediaapakabar.com--Sebanyak 30 personel, satu Kapal Negara KN. Belut Laut – 4806, serta didukung kendaraan air cepat Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB), melakukan aksi gladi peran pemeriksaan dan penggeledahan kapal atau yang dikenal dengan istilah (Boarding Party) oleh peserta latihan visit boarding search and seizure (VBSS) di perairan Batam.

Perairan wilayah barat Indonesia khususnya Selat Malaka memiliki tingkat kerawanan dari tindak kejahatan di laut. 

Mewaspadai hal tersebut Bakamla RI berupaya meningkatkan kemampuan awak kapal patroli Bakamla yang berada di Pangkalan Kapal Patroli Zona Maritim Barat, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (19/07/2018). 

Simulasi dilakukan oleh KN. Belut Laut – 4806, mendapatkan target diduga kapal beroperasi di wilayah perairan barat Indonesia melakukan aktifitas secara illegal dan membawa benda terlarang. 

Setelah mendekati sasaran KN. Belut Laut dengan  komunikasi pengeras suara dan radio memerintahkan kapal target agar menghentikan dan mematikan mesin. 

Selanjutnya tim VBSS yang beranggotakan enam orang pesonel dengan menggunakan RHIB melaju cepat mendekati dan merapat ke lambung kapal untuk melakukan bording ke atas kapal.

Tujuan utama latihan ini untuk menguji sejauhmana kemampuan awak kapal patroli Bakamla serta kesiapan unsur kapal patroli dalam mendukung tugas operasi penyelamatan dan pengamanan perairan wilayah yurisdiksi nasional. 

Selain itu juga untuk meningkatkan mutu pegawai Bakamla khususnya para awak KN Bakamla kelas 48 meter tentang pemahaman terhadap peran dan tugas ABK di kapal. 

Kegiatan gladi peran tugas laut ini diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 18 sampai dengan 19 Juli di Batam. 

Metode latihan pembekalan dan pelajaran di kelas, praktek di kapal serta gladi manuver lapangan di laut. 

Adapun materi latihan antara lain Peran Pemanasan Alat-alat Teknis, Peran Persiapan Kapal Berlayar, Peran Muka Belakang, Peran Pemanduan,Peran Pemeriksaan. 

Peran Penggeledahan (VBSS), Peran Cuaca Buruk, Peran Bahaya Tabrakan Di Laut, Peran Penyelamatan Kapal dari bahaya kebakaran dan kebocoran (PEK), Peran Sekoci dan Peran Peninggalan Kapal.

Kegitan latihan diakhiri dengan upacara penutupan ditandai dengan pelepasan tanda peserta latihan oleh Direktur Latihan Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, di Dermaga di Pangkalan Kapal Patroli Zona Maritim Barat, Batam, Kepulauan Riau, 

Dihadiri pula Kasubdit Penyelenggaraan Latihan Bakamla RI Kombes Pol Benny Iskandar, Komandan KN. Belut Laut AKBP Nyoto Saptono dan segenap panitia dan peserta latihan. (***)
Share:
Komentar

Berita Terkini