Bakamla RI Adakan DPM Bagi Warga Desa Banten

Media Apakabar.com
Sabtu, 07 Juli 2018 - 15:21
kali dibaca
foto:ist
Mediaapakabar.com-- Sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat Desa Panimbang Jaya, Pandeglang Banten yang diresmikan sebagai Desa Maritim oleh Kepala Bakamla dan Bupati Banten pada Mei 2018 lalu, Bakamla mengadakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST-KLM). Kegiatan telah berlangsung selama tiga hari dan berakhir kemarin. 

Diklat diadakan dari 4 hingga 6 Juli 2018 tersebut merupakan suatu bentuk kegiatan berkelanjutan  bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat desa maritim mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan tradisional, tentang keamanan dan keselamatan di laut. 

Tujuannya adalah agar masyarakat desa maritim mengerti dan memahami arti pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan di laut, salah satu harapan yang ingin dicapai yakni dapat mengurangi angka kecelakaan di laut.

Diklat dibuka Kepala Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (P3M) STIP Jakarta Pande Siregar, dan dihadiri Direktur Kerja Sama Bakamla Dade Ruskandar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) H. Taufik Hidayat, Kepala SMPN 1 Panimbang  dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pandeglang Banten serta seluruh peserta diklat sejumlah 97 orang .

Menurut Pande Siregar, peserta diklat saat merupakan angkatan ke-6 di 2018. Adapun lima diklat yang telah dilaksanakan STIP Jakarta dengan pihak lain berlokasi di Kepulauan Seribu, Bangka Belitung, Bengkalis, dan di STIP Jakarta sebanyak dua kali. 

Dalam sambutannya Kepala P3M juga berpesan agar setiap perserta melaksanakan diklat dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan ilmu dan pengalaman yang diajarkan dan dilatih oleh para dosen STIP Jakarta. Selain itu setiap peserta diklat akan mendapatkan sertifikat BST-KLM yang dikeluarkan oleh STIP Jakarta.

Direktur Kerja Sama Bakamla yang pada saat pembukaan berkesempatan memberikan kata sambutan juga menyampaikan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti diklat tersebut, yakni masyarakat menjadi lebih sadar dan peduli akan keselamatan bila ingin melakukan aktifitas di laut. 

Sementara itu, menurut Kepala DPMPD, pelaksanaan diklat kali ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Pendeglang Banten. Untuk itu, agar peserta mengikuti diklat yang diberikan dengan penuh semangat, pesannya. Harapannya juga agar kegiatan sejenis dapat dilaksanakan di wilayah lain sekitar Pandeglang yang memiliki wilayah perairan yang luas. (Rel)


Share:
Komentar

Berita Terkini