Pemkab Samosir Lakukan Persiapan Diri Menyambut Libur Idul Fitri

| Rabu, 06 Juni 2018 | 18.42 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Objek wisata patung sigale-gale yg berada di tomok yg disenangi oleh para turis manca negara.foto-apakabar/stm
Mediaapakabar.com--Dalam rangka mempersiapkan diri sebagai tuan rumah yang baik, saat liburan Idul Fitri mendatang Pemkab samosir melakukan membenahi diri bagi aparaturnya. 

Hal ini ditegaskan Bupati Rapidin Simbolon saat Rapat Terbatas dalam rangka persiapan Pemkab Samosir menyambut libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2018 di Rumah Dinas Bupati Samosir Jalan Danau Toba Pangururan, Selasa (5/6/2018).

Rapidin meminta seluruh Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) berpartisipasi secara optimal melayani para wisatawan yang berlibur ke Negeri Indah Kepingan Surga Samosir. 

"Harus dilakukan persiapan matang untuk menyambut libur panjang sehingga seluruh kendala yang muncul pada saat Hari Raya Idul Fitri ini dapat terkendali dengan baik," ujar dia.

Ini beberapa OPD yang dianggap vital dan diarahkan Bupati Rapidin agar tetap stanby mulai persiapan dan saat liburan Idul Fitri.

Aparatur Pemkab Samosir mempersiapkan diri, menjamu wisatawan pada Idul Fitri mendatang.foto-apakabar/stm

Dinas Perhubungan;Melakukan persiapan pengaturan perparkiran di lokasi objek wisata, mngendalikan antrian keluar masuk ferry di pelabuhan Simanindo dan Tomok, perlu mempersiapkan personil pada pos-pos terpadu di sekitar lokasi keramaian.

Kemudian melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri sehingga para wisatawan dapat berlibur dengan aman.

Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah;

Rapidin mengatakan, agar berkoordinasi dengan Badan Pengelola Jalan Nasional, mengantisipasi bencana longsor atau bencana lain yang bisa mengakibatkan terputusnya arus lalulintas keluar masuk Samosir.

Peelud membuat pos-pos penanggulangan serta menempatkan beberapa alat berat pada lokasi yang sudah ditentukan sehingga jika dibutuhkan, mobilisasi alat berat akan bergerak cepat.

Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan;
Mengantisipasi ketersidaan BBM,  sehingga para wisatawan yang membawa kendaraan roda dua dan empat tidak kewalahan untuk mendapatkan BBM. 

Bupati Rapidin meminta, agar disurati pihak Pertamina untuk menambah stok BBM, juga ketersediaan pangan pada saat Hari Raya Idul Fitri harus diperhatikan.

Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga;
Diminta melakukan penataan tempat-tempat wisata, mnyambut para wisatawan dengan keramahtamahan, melalui pagelaran tari tradisional sebagai hiburan. 

Dinas Lingkungan Hidup;
Ditekankan mengantisipasi kebersihan dan menumpuk sampah di tempat tersedia, untuk itu dilakukan pemungutan sampah di tempat wisata secara rutin.

Dinas Komunikasi dan Informatika;
Harus mempersiapkan pusat pengaduan atau pusat informasi dengan membuat Call Center yang dapat terhubung lansung ke setiap OPD untuk mengantisipasi segala bentuk pengaduan yang terjadi di masyarakat khususnya para wisatawan. 

Selain itu menginformaaikan jadwal Calender of Event di Kabupaten Samosir sepanjang Tahun 2018, sehingga para wisatawan merasa senang dan nyaman dengan sambutan warga Samosir.

Seorang warga yg tinggal di kota Pangururan yg enggan menyebutkan namanya inu mengatakan ke pada awak Media agar aturan standarisai harga di pantai pasir putih selaku ini objek wisata yang merupakan wajah dari Ibu kota kabupaten janganlah membuat harga sampse mencekek leher sperti yang saya pernah saya alami tahun yang lalu ketika saya membawa kelurga kemari berwisata. 

"Terutama di lokasi objek wisata perlu ada standart harga makanan, minuman  dan barang lainnya yang dijual maupun diaewakan," pungkasnya.
Menurutnya, keseragaman harga itu dianggap perlu, agar para wisatawan sebagai tamu merasa nyaman dan betah menikmati panorama indah Samosir.  (STM) 

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI