Hotman Paris Geram Kapal Tenggelam di Danau Toba, Minta Tangkap Pihak yang Terlibat Termasuk Petugas Perhubungan

| Rabu, 20 Juni 2018 | 18.40 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Hotman Paris Hutapea
Mediaapakabar.com Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea meminta kepolisian untuk mengusut kasus tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di Danau Toba, Senin (18/6/2018).
“Halo Kapolda Sumatera Utara, segera sidik kasus tenggelamnya kapal di Danau Toba,” katanya seperti dalam video yang diunggah di akun Instagram @ hotmanparisofficial, Rabu (20/6/2018).
Hotman mengaku mendapat informasi tentang adanya beberapa indikasi pelanggaran yang menuntun kepada kecelakaan fatal itu.
Menurutnya, beberapa indikasi kesalahan itu adalah kapal sudah tidak layak berlayar. Tidak pernah uji KIR untuk mengetahui apakah memenuhi spesifikasi teknis yang dibutuhkan atau tidak.
Selain itu diduga, unit peralatan keselamatan seperti boat dan pelampung tidak tersedia serta kemungkinan tidak ada daftar manifes penumpang, dan diduga kelebihan penumpang.
“Tindakan ini menyebabkan banyaknya mati orang, berarti memenuhi syarat untuk disidik,” ucapnya.
Nama nahkoda ridak ada di papan informasi. Baik di kategori korban meninggal, selamat dan yang dinyatakan hilang.
Nama nahkoda ridak ada di papan informasi. Baik di kategori korban meninggal, selamat dan yang dinyatakan hilang. Foto: Tribun Medan

Dilansir Tribun Medan, Hotman mengatakan, masyarakat meminta Kapolda Sumatera Utara segera melakukan penyidikan dan menangkap semua pihak yang terlibat dalam pembiaran berbagai pelanggaran ini, termasuk petugas instansi perhubungan yang terlibat.
Permintaan ini juga disampaikan kepada Kepala Divisi Propam Mabes Polri Irjen Martua Sormin yang menurutnya adalah temannya dan sama berasal dari Tapanuli.
“Mohon Bapak Kadiv Propam dalam rangka tugas pengawasan segera perintahkan Kapolda Sumatera utara maupun kapolres daerah Danau Toba untuk segera mengusut kasus tenggelamnya (kapal di) Danau Toba,” ujarnya.
Pada akhir pernyataannya, Hotman yang tumbuh besar di daerah Laguboti, Tobasamosir, menyindir sebagian tokoh masyarakat Batak yang menurutnya tidak banyak berbuat.
“Kepada masyarakat Batak di Tapanuli, kamu jangan ngomong doang dong! Jangan cuma pintar ngegosip. Ayo bertindak! Bersatu. Masyarakat tokoh batak terutama tokoh-tokoh intelektualnya, ayo bersatu semua! Kapan lagi batak bersatu? Selama ini enggak pernah. Yang di DPR, dimana suaramu?” ujarnya. (AS)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI