Erdogan Beri Pukulan Telak Demokrasi Barat Usai Menangi Pemilu Turki

| Senin, 25 Juni 2018 | 16.18 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Recep Tayyip Erdogan
Mediaapakabar.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan resmi dinyatakan memenangi pemilu Turki. Erdogan pun bertekad bahwa sistem kepresidenan baru akan dilaksanakan segera.

Kepala otoritas pemilu Turki, Sadi Guven mengatakan, Erdogan mengalahkan rival terkuatnya, Muharrem Ince dengan meraih "mayoritas absolut" atau lebih dari 50 persen suara sehingga tidak perlu digelar pemilu putaran kedua.

"Saya telah dipercaya oleh negara dengan tugas-tugas dan kewajiban kepresidenan," ujar Erdogan dalam pidato kemenangannya di kediamannya di Istanbul seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (25/6).

"Turki telah memberikan pelajaran dalam demokrasi kepada seluruh dunia," imbuhnya mengenai pemilu Turki yang diikuti oleh sekitar 88 persen pemilih terdaftar.

Menurut kantor berita Turki, Anadolu Agency, Erdogan menang dengan meraih 52,5 persen dalam pemilu yang digelar 24 Juni kemarin.

Sedangkan rival terkuatnya, Ince dari partai sekuler Republican People's Party (CHP) meraih 31,5 persen suara.

Erdogan juga menyatakan kemenangan dalam pemilihan parlemen dengan mengatakan bahwa aliansi yang dipimpin partainya, Justice and Development Party (AKP) dan Nationalist Movement Party (MHP) telah meraih suara mayoritas dalam parlemen.

Dalam pidatonya, Erdogan berjanji akan mempercepat terlaksananya konstitusi baru yang disetujui dalam referendum pada April 2017 mengenai sistem kepresidenan baru.

Dalam referendum itu, 51 persen pemilih Turki mendukung konstitusi baru yang memberikan presiden sejumlah wewenang, termasuk menghapus jabatan perdana menteri, menunjuk langsung pejabat publik di posisi penting, termasuk menteri dan wakil presiden, mencampuri sistem hukum, dan menerapkan status darurat. Lawan-lawan politik Erdogan menyebut konstitusi tersebut akan memberikan kekuasaan otoriter bagi Erdogan. (AS)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI