Polda Sumut Siaga I Kerahkan 2/3 Kekuatan Personel Antisipasi Aksi Teror

Admin
Selasa, 15 Mei 2018 - 19:20
kali dibaca
 Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw saat rapat koordinasi Forkompinda Sumut. Foto: Ist
Mediaapakabar.com - Polda Sumatera Utara menetapkan siaga 1. Penetapan ini untuk mengantisipasi aksi terorisme.Hal itu disampaikan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw saat rapat koordinasi Forkompinda Sumut menyikapi berbagai serangan bom di Surabaya, yang berlangsung di Restoran Garuda, Jalan Pattimura, Medan, Senin (14/5/2018).

Dikatakan Paulus, sebanyak 2/3 kekuatan yang ada di Polda dan jajaran disiagakan.

“Mengantisipasi kejadian kemaren yang beruntut, kami menjadikan siaga 1 mulai tadi malam. Jadi 2/3 kekuatan di Polda jajaran kita siagakan sembari memonitor situasi diwilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

Paulus menjelaskan, kenapa siaga 1 ditetapkan, hal ini sebenarnya dalam rangka melakukan konsolidasi kekuatan. “Agar dalam siaga 1 anggota tidak berkeliaran sendiri-sendiri, melainkan tetap berada di markas komando masing-masing untuk arahan dan petunjuk pimpinan. Setelah itu kita juga akan menggunakan mereka ke tempat-tempat keramaian, seperti tempat ibadah dan lain-lain yang sifatnya perlu untuk keamanan,” jelasnya.

Ia mengaku, berkaca dari peristiwa teror di Jakarta dan Surabaya, Kapolri dan Wakapolri telah memberikan atensi untuk memperioritaskan pengamanan pada tempat ibadah, kantor polisi, perumahan, mall dan tempat lainnya.

Bahkan untuk Mapolda Sumut sendiri, saat ini pengamanan telah dibuat berlapis dan akses masuk hanya ditetapkan satu pintu melalui pintu belakang.

Namun, sambung Kapolda, saat ini situasi kondisi di wilayah Polda Sumut, Polres dan Polsek masih dalam keadaan aman terkendali. Begitu juga aktifitas masyarakat masih lancar, dan perekonomian masih berjalan.

“Kami bersyukur situasi ini masih terjaga. Karenanya melalui tiga pilar, yakni Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas diharapkan bisa terus menjadi peran utama untuk melakukan komunikasi dan memonitor tempat-tempat yang menurut mereka di atensi,” pungkasnya.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen Ibnu Triwidodo menyampaikan, jika pihaknya siap dalam melakukan pengamanan di wilayah Sumut dengan bersinergi kepada Polda. Ia menyatakan, bila dibutuhkan TNI akan menyiapkan satuan baik tertutup maupun terbuka.

“Bagaimana kita menyikapi situasi sekarang, agar masyarakat dapat tetap tenang dan damai. Kami hadir disini, tidak usah takut. Karena itu yang diinginkan teroris,” tegasnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini