DR Hinca Panjaitan XIII Anggota DPR RI Serap Aspirasi Peternak Lele di Binjai

Admin
Kamis, 03 Mei 2018 - 21:11
kali dibaca
DR Hinca IP Pandjaitan saat melakukan kunker di Binjai. Foto: Mediaapakabar.com
Mediaapakabar.com, Binjai– Anggota DPR RI DR Hinca IP Pandjaitan XIII buktikan peduli masyarakat kecil untuk peningkatan ekonomi rakyat melalui program Partai Demokrat yakni Gerakan Pangan Mandiri (GPM). Kali ini turun langsung menyerap aspirasi mendengar keluhan petani ikan lele di kedai kopi kecil Jl Gatot Subroto Kelurahan Suka Maju Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai, Kamis (3/5/2018).

Kunjungan Hinca Panjaitan selaku Sekjen DPP Partai Demokrat itu sekaligus pelaksanaan reses ke empat masa persidangan 2017-2018. Dalam pertemuan diskusi yang akrab lewat rembug bangsa bersama Hinca itu dihadiri puluhan petani lele mewakili ratusan peternak lele di Binjai.

Salah satu perwakilan peternak lele, Ginting menuturkan, permasalahan yang dialami peternak yakni adanya permainan tengkulak masalah harga jual yang tidak stabil. Setiap panen ikan lele selalu ada monopoli harga. Selain itu menurut Ginting, peternak lele juga mengalami masalah kesulitan air untuk mengisi kolam. Sama halnya soal perolehan pakan ternak yang harga melambung.


Pada kesempatan itu Ginting berharap kepada Hinca kiranya dapat membantu keluhan para peternak lele. Sehingga petani lele yang berjumlah ratusan itu dapat lebih sejahtera dan berkesinambungan. Menyikapi keluhan warga, Hinca Panjaitan mengaku fokus untuk membantu kesejahteraan petani lele. Hinca menilai pekerjaan pekerjaan yang paling top. Bahkan pemerintah harus hadir dan peduli mensejahterakan petani lele.

“Teruskan beternak lele, Binjai tidak akan bangkrut jika peternakan lele dapat berkembang. Peternak lele harus mampu menjadi benteng ekonomi bangsa,” tegas Hinca. Diterangkan Hinca, Demokrat siap membantu menekan harga sehingga berpihak kepada peternak. Hinca juga menyebut akan berencana membentuk Bulog yang nantinya dapat menstabilkan harga lele. Jika nantinya harga lele terbukti murah, maka partai Demokrat siap akan membeli dengan harga normal.

“Kami sangat menyesalkan adanya  monopoli sehingga harga ditekan murah. Untuk itu kami peduli dan siap membantu,” jelas.


Pada kesempatan itu, Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Herri Zulkarnaen Hutajulu sangat mengapresiasi peternak lele. Herri berpesan agar beternak lele tetap diteruskan guna mensukseskan GPM. Terkait keluhan yang dialami peternak lele Demokrat peduli untuk menstabilkan harga pakan dan harga jual di pasaran. Sementara itu, Drs Hendrik Halomoan Sitompul yang juga anggota DPRD Medan menyebutkan, terkait program GPM mengaku tetap akan mensosialisasikan. Menurutnya, para petani lele merupakan tugas mulia karena ikan lele akan dinikmati semua orang.

Dalam hal ini, Hendrik mendesak pemerintah supaya peduli terkait peternak lele. Selain kesejahteraan para peternak juga ikan lele dipastikan dibutuhkan konsumsi ikan penghasil proten. Dalam hal itu, Hendrik mendorong pemerintah menggalakkan gerakan pangan mandiri meningkatkan ekonomi rakyat.

Turut hadir dalam kunjungan  pengurus Demokrat Sumut, Plt Ketua DPD Partai Demokrat, Herri Zulkarnaen (anggota DPRD Mefam), Wakil Bendahara Hendrik Halomoan Sitompul (anggota DPRD Medan), Endamia Karolina Kaban dan pengurus lainnya Borkat Hasibuan, Maju Manalu, Masdim Girsang dan dr Lily Siregar. (FP)
Share:
Komentar

Berita Terkini