Bocah Perempuan Anak Bomber Berangsur Pulih, Hanya Mau Bicara dengan Suster

Admin
Rabu, 16 Mei 2018 - 19:40
kali dibaca
Ais Korban Selamat Bom Surabaya. Foto: Ist

Mediaapakabar.com - Satu anak perempuan terduga teroris, AAP (7) disebut masih mengalami trauma psikologi pasca-ledakan bom di depan Mapolrestabes Surabaya, Selasa lalu.

Saat ini dia hanya bersedia berkomunikasi dengan suster penjaganya. "Ais (AAP) hanya mau ngomong sama susternya saja," kata Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Sutanto, di Mapolda Jatim, Rabu (16/5/2018).


Kondisi putri bungsu keluarga bom bunuh diri di gerbang Mapolrestabes Surabaya itu, kata Sutanto, berangsur membaik. "Hari ini keluar dari ICU dan dipindah ke ruang perawatan," jelasnya.
Menurutnya, anak-anak pelaku bom bunuh diri memerlukan penanganan komperhensif secara fisik maupun kejiwaan. Mereka juga harus mendapatkan pengasuhan yang tepat.
"Rehabilitasi harus tuntas, dari segi medis, sosial, psikologis. Yang lebih penting, bagaimana anak memiliki pemahaman yang tepat tentang agama," ujarnya.
Seperti yang dilansir Kompas.com berdasarkan catatan KPAI, sampai saat ini ada 7 anak pelaku bom yang dirawat di RS Bhayangkara Polda Jatim.
Tiga anak terduga teroris yang bomnya meledak di Rusun Wonocolo Sidoarjo, tiga anak terduga teroris yang ditangkap di Jalan Sikatan kemarin, dan Ais.
"Mereka saat ini terus mendapatkan pendampingan medis dan psikologis dari tim psikolog Polda Jatim," jelasnya. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini